Selasa, Maret 02, 2010

Visual Basic (1)

image

Apa itu Visual Basic?
Visual Basic adalah "pemrograman visual" environment untuk pengembangan aplikasi Windows (sekarang Web juga). Visual Basic memungkinkan untuk mengembangkan aplikasi yang rumit dengan sangat cepat. Program untuk desain jendela tampilan , elemen dari Visual Basic Toolbox dan menulis kode dasar untuk setiap elemen. Visual Basic adalah "event-driven" yang berarti bahwa prosedur yang dipanggil secara otomatis berfungsi saat pengguna akhir memilih item menu, klik mouse, menggerakan objek di layar, dll.

image

Mengapa Visual Basic populer?
Pemrograman telah mengalami perubahan besar . Sebagai contoh, seperti membuat aplikasi dengan menggunakan C atau C++ dapat menghabiskan waktu berjam-jam tapi dengan Visual Basic perlu beberapa jam. Visual Basic menyediakan banyak tools menarik untuk membantu kita dalam membangun aplikasi menarik. Visual Basic menyediakan tools ini untuk membuat jauh lebih mudah karena semua kode utama sebenarnya sudah ditulis untuk kita.

Visual Basic memungkinkan programmer pemula dengan pengalaman pemrograman yang masih minim dapat dengan cepat dalam mengembangkan aplikasi Windows. Visual Basic juga mempunyai kemampuan untuk membangun program-program yang dapat digunakan sebagai aplikasi front-end untuk sebuah sistem database, berfungsi sebagai antarmuka pengguna yang mengumpulkan input pengguna dan menampilkan output dalam format yang lebih menarik.

Penggunaan
Dengan menggunakan Visual Basic, kita dapat dengan cepat menuangkan ide-ide ke dalam rancangan program dan dapat kita lihat hasil nya di layar monitor. Visual Basic sangat ideal untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan pada system operasi Windows.

Sebagai pendekatan dalam pengembangan aplikasi ada tiga langkah utama, yaitu :

  1. Konsep dan alur aplikasi,
  2. Desain tampilan aplikasi,
  3. Penulisan kode program.

Visual Basic digunakan untuk berbagai keperluan di bidang yang berbeda-beda. Seperti :

  • Akuntansi
  • Bisnis
  • Perdagangan
  • Consultant
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Pemasaran & Penjualan
  • Kedokteran
  • dan lain lain……

Sejarah Visual Basic
Microsoft Visual Basic pertama kali dirilis pada tahun 1987. Ini adalah “Visual Development Tools” pertama dari Microsoft, dan itu bersaing dengan bahasa pemrograman yang lain seperti C, C + +, Pascal dan lainnya.

Di bawah ini adalah perkiraan tahun dimana versi Visual Basic di rilis :
* 1991, VB1 Debuts
* 1992, VB2 Debut
* 1993, VB3 Debut
* 1996, VB4 Debut
* 1997, VB5 Debut
* 1998, VB6 Debuts
* 2001, VB. NET Debut

…………………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar