Minggu, Februari 28, 2010

Wayang Golek - Kumbakarna


Kumba artinya panjang. Karna artinya telinga. Kumbakarna artinya seseorang yang memiliki telinga panjang. Kumbakarna adalah adiknya Prabu Rahwana. Selama di istina kerajaan kerjanya hanya tidur. Dia tidur selama 6 bulan. Satu tahun hanya bangun 2 hari. Makan sebanyak 2 gunung, kemudian tidur kembali selama 6 bulan begitu seterusnya.

Kumbakarna sakti mandraguna memiliki Aji Bekah, bisa mengeluarkan angin topan dari mulutnya.

Ketika Prabu Rahwana menculik Dewi Shinta (istri Batara Rama) untuk dijadikan istrinya, Kumbakarna adalah salah satu yang menentang kebijakan/keinginan sang raja. Ketika dia ikut berperang pun sebetulnya bukan untuk mendukung keinginan Prabu Rahwana tapi untuk membela negaranya yang terancam bahaya karena diserang oleh pasukan Batara Rama yang dipimpin oleh Anoman monyet putih.

Dia gugur dengan tragis. Hidungnya lepas digigit dan telinganya juga lepas di cakar oleh Prabu Sugriwa, raja Gua kiskenda. Kaki dan tangannya putus dipanah oleh Laksmana. Dia gugur di pelukan adiknya yang ikut berperang di barisan Batara Rama.

Kumbakarna memiliki anak kembar, Kumba Aswandi dan Aswandi Kumba. Kedua anak kembar tersebut gugur membela negaranya persis seperti ayahnya Kumbakarna. Mereka gugur di tangan Anoman monyet putih.

Kumbakarna dikisahkan dalam cerita "Kumbakarna Gugur".

- (wayanggolek.net) -


1 komentar:

  1. Nuhun.... budaya kita harus kita lestarikan, karena penuh makna kehidupan buat kita semua.

    BalasHapus